Hendaklah kamu semua mengusahakan ilmu pengetahuan itu sebelum dilenyapkan. Lenyapnya ilmu pengetahuan ialah dengan matinya orang-orang yang memberikan atau mengajarkannya. Seorang itu tidaklah dilahirkan langsung pandai, jadi ilmu pengetahuan itu pastilah harus dengan belajar. ( Ibnu Mas’ud r.a )

PHOTO TERBARU

PHOTO TERBARU
Studi Industri 2015

Kamis, 18 Desember 2008

ZAT KIMIA MENGANCAM KESEHATAN


Dizaman serba instan dan praktis ini hampir tidak bisa kita menemukan benda-benda yang benar-benar bebas dari bahan kimia. Bahan kimia memang bermanfaat bagi kehidupan manusia karena memudahkan kebutuhan, namun tidak hanya manfaat yang dimiliki oleh bahan kimia, ancaman bahaya bagi kesehatan pun dimiliki oleh beberapa bahan kimia.

Zat kimia yang terkandung pada benda-benda yang sengaja dibuat oleh manusia dapat membahayakan bagi kesehatan, misalnya saja tempat makanan yang terbuat dari bahan plastik. Jika tempat menyimpan makanan Anda terbuat dari plastik yang mudah baret, mengelupas atau melepuh ada baiknya bila Anda tidak menggunakannya lagi. Pilihlah wadah plastik dengan label yang mengatakan aman untuk microwave serta menyimpan makanan yang akan dipanaskan lagi.

Alat masak dengan lapisan anti lengket juga dapat berbahaya bagi kesehatan, sebaiknya tangani alat masak tersebut secara tepat. Karena uap yang keluar dari lapisan yang rusak bisa berbahaya, dan hanya
terjadi bila lapisan anti lengket itu tergores atau dipanaskan dengan suhu yang terlalu tinggi. Gunakan panas sedang pada kompor, maksimum 450 derajat fahrenheit (232 derajat celcius) pada oven. Bila anda hanya
menggunakan alat masak plastik atau kayu untuk memasak atau dengan alat masak anti lengket, sebaiknya bersihkan dengan sponge khusus yang dirancang untuk lapisan anti lengket.

Bila anda menggunakan busa bantal perabot, sebaiknya berhati-hatilah karena kandungan zat kimia ‘polybrominated diphenyl ethers (PBDEs) ternyata lambat dalam pembakarannya pada alat tersebut, sehingga pada jangka panjang dapat mengganggu fungsi thyroid serta liver jika terhirup dalam jumlah besar. Sebaiknya ganti busa bantal yang sudah tua dan jika perabot anda mempunyai bantal busa yang menempel di dalam, siasatilah agar debu tidak terbang keluar dengan sarung penutup baru.

Mulailah mengonsumsi buah dan sayuran yang ditanam secara organik karena kandungan pestisidanya lebih aman bila dibanding produk yang ditanam secara konvensional. Salah satu ciri buah dan sayuran yang aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung pestisida yang berbahaya adalah dengan banyaknya hewan-hewan kecil yang ada pada buah atau sayuran tersebut. Hewan-hewan tersebut mengindikasikan bahwa tidak terdapat pestisida yang berbahaya bagi makhluk hidup. Harga sayuran organik memang lebih mahal namun lebih aman bagi kesehatan tubuh, bukan berarti anda tidak harus makan semua yang serba organik untuk menghindari kandungan pestisida. Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang organik, maka anda akan terhindar terpajan zat kimia beracun penyebab kanker. [pr/sls]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar